Gundam Extreme VS Force PS Vita Review : Game Gundam Eksklusif Pertama Playstation Vita


Sudah menjadi rahasia umum memang bahwa Playstation Vita kekurangan game - game eksklusif. Rata - rata game yang dirilis di Playstation Vita beberapa bulan belakangan merupakan game multiplatform yang berarti game tersebut juga dirilis di Platform Lainnya. Jika dilihat dari kondisinya, dapat dikatakan Playstation Vita tidak mempunyai identitas yang kuat karena tidak adanya game ekslusif yang dirilis baru - baru ini. Untungnya, Bandai Namco mau merilis salah satu franchisenya yaitu Gundam Extreme VS Force ke Platform yang satu ini. Bahkan game tersebut juga dirilis versi bahasa inggrisnya walaupun hanya terbatas di region 3 saja. Apakah game ini bisa menjadi salah satu game yang membuat kamu ingin memiliki Playstation Vita?

Grafis
Penyajian grafis yang diberikan Gundam Extreme VS Force terlihat lumayan menjanjikan. Visual 3D Unit Gundam mampu ditampilkannya dengan baik. Selain itu, kamu akan dengan mudah membedakan peluru biasa dan laser beam pada Gundam Extreme VS Force. Efek - efek pendukung seperti bayangan dan objek air yang realistis mempercantik presentasinya secara keseluruhan. Namun, satu hal yang saya sayangkan ialah penampakan blur yang sangat jelas terjadi. Game ini seperti game dengan resolusi di bawah standar Playstation Vita. Jadinya, grafisnya yang lumayan menjanjikan menjadi tercoreng karena blur ini.
Grafis terlihat agak ngeblur

Gameplay
Pada Gundam Extreme VS Force, kamu akan menjelajah dunia gundam satu persatu mulai dari U.C.0079 sampai tahun terbarunya. Dalam menjelajahi dunia - dunia tersebut kamu akan dibantu oleh dua AI Navigator bernama Aire dan Tereno. Sebenarnya, dunia yang kamu jelajahi tersebut hanyalah berupa kumpulan data - data dan tugas kamu ialah menyelesaikan kumpulan misi yang diberi kode FA Project.

Stage utama pada Gundam Extreme VS Force terbagi dalam tahun - tahun U.C. Setiap tahun U.C memiliki level - level yang harus kamu selesaikan agar kamu bisa membuka stage berikutnya. Level dalam stage juga dibagi menjadi beberapa bagian lagi berdasarkan tujuannya. Level berwarna ungu merupakan level utama yang harus kamu selesaikan untuk melanjutkan cerita. Level berwarna hijau merupakan quest dimana kamu bisa mendapatkan Mobile Suit baru. Level ini mengharuskan kamu membayar sejumlah GP(Mata uang dalam game ini) untuk mengunlock levelnya.
Level dikelompokkan menjadi beberapa bagian

Setiap level memiliki quest utama dan side quest. Quest utama harus kamu penuhi/selesaikan jika kamu ingin menyelesaikan level. Sementara Side Quest lebih kepada tantangan sampingan yang tidak wajib kamu kerjakan. Akan tetapi jika kamu menyelesaikan sidequest, kamu akan diberikan reward berupa Haro medals yang berfungsi untuk mengunlock side level dan lagi jika jumlahnya sudah mencukupi maka status kamu akan naik. Contohnya saja jumlah total GP gundam yang bisa kamu gunakan per unitnya.

Quest yang disajikan juga beragam. Kadang kala kamu harus bertempur satu lawan satu melawan AI ataupun melawan banyak musuh seperti serial Gundam VS pada umumnya. Terkadang juga kamu harus merebut base milik musuh untuk menyelesaikan level. Ditambah lagi, saat gameplay berlangsung terdapat menu yang bisa kamu gunakan untuk mengatur taktik pasukan gundam kamu agar penyelesaian level menjadi lebih mudah. Saya merasa sangat terbantu dengan adanya fitur ini karena dapat meminimalisir pergerakan yang sia - sia. Selain taktik, di dalam menu tersebut juga terdapat beberapa buff yang dapat membantu kamu dalam permainan. Variasi quest ini pada awalnya membuat saya lumayan menaruh apresiasi terhadap serial Gundam Ekslusif PS Vita ini. Sayangnya, variasi quest hanya terasa pada awal permainan saja. Beberapa jam saya bermain game ini saya merasa bahwa variasi quest di awal tadi hanya cover belaka. Quest yang diberikan hanya itu - itu saja sehingga membuat saya cepat bosan. Durasi satu levelnya berkisar antara 3 - 10 menit. Sangat cocok dimainkan secara Portable.
Pace gameplay yang cepat

Gameplay secara umum berlangsung dalam tempo yang cepat. Yup tidak jauh beda dengan serial gundam vs yang lain. Pace gameplaynya yang cepat ini membuat kamu harus selalu sigap dalam memperkirakan waktu untuk meluncurkan serangan. Apalagi AI dalam game ini sangat lincah dalam menghindar maupun menyerang. Kontrolnya juga sederhana. Hanya butuh beberapa level kamu bermain saya yakin kamu pasti akan langsung menguasainya. Walaupun kombinasi kontrolnya secara umum sederhana, untuk mengontrol tiap unit gundam secara presisi butuh waktu dan kecocokan antara gaya main kamu dengan unit gundam yang kamu pilih. Misalnya, jika kamu senang bermain tembak - tembakan/jarak jauh maka kamu bisa menggunakan Strike Freedom ataupun Qubeley. Selain itu, kamu juga harus membiasakan diri dengan timing pergerakan masing - masing unit agar serangan yang kamu luncurkan dapat mengenai lawan dengan tepat.
Strike Freedom, salah satu tipe MS Jarak Jauh

Walaupun kamu bisa memainkan karakter - karakter dari serial awal Gundam Sampai Tenketsu no Orphan, namun yang tersedia sebagai playable character hanya beberapa perwakilan karakter utama saja. Seri Seed dan 00 misalnya, Seri seed hanya diwakili oleh Freedom sementara seri 00 hanya diwakili oleh Gundam 00 saja. Tapi tenang dulu meskipun playable characternya tidak terlalu banyak, secara berkala bandai namco masih memberikan update unit gundam terbaru. Jadi, mari berdoa supaya gundam favorit kamu nantinya akan bisa dimainkan di Gundam Extreme VS Force.

Fitur
Saat game ini pertama kali keluar, banyak yang mengeluhkan jika Gundam Extreme VS Force tidak memiliki fitur battle arcade seperti serial Gundam VS lainnya. Mode yang tersedia hanya mode Extend atau bisa dibilang story modenya saja. Untungnya pada Update terbarunya Bandai Namco menambahkan mode Extend ke dalam Gundam Extreme VS Force. Mode ini merupakan mode arcade yang selalu diminya oleh gamer. Dalam mode ini terdapat dua mode lagi yaitu free battle dan battle course.
Machine menyimpan trivia mobile suit

Pada menu utama, kamu akan menemukan menu Data Base. Menu ini akan menginformasikan semua statistik yang telah kamu capai selama permainan. Selain itu, di dalam menu ini terdapat sub menu machine, music, dan tutoral. Sub menu machine berisikan data-data dan trivia tentang unit gundam yang terdapat di dalam game ini. Sub menu music merupakan kumpulan backsound. sedangkan tutorial merupakan petunjuk permainan jika kamu ingin mengetahui game ini lebih jauh.

Harga 
Gundam Extreme VS Force dijual dengan harga RP 520.000 untuk versi retail region 3nya. Sedangkan versi digitalnya dijual seharga Rp 692.000. Lebih mahal ya.



Kesimpulan
Gundam Extreme VS Force dapat dikatakan sebagai penyegar dahaga untuk gamer Playstation Vita yang merindukan rilisnya game eksklusif berbahasa inggris. Dengan fitur - fitur baru ditambah lagi dengan fitur tradisional yang dimunculkan kembali membuat game ini menjadi lebih variatif dan menarik. Namun, sedikitnya karakter yang bisa dimainkan dan questnya yang kurang variatif menjadi poin minus tersendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gundam Extreme VS Force PS Vita Review : Game Gundam Eksklusif Pertama Playstation Vita"

Posting Komentar