Review Hardware Ipega 9023 Telescopic Controller : Gamepad Portable Bongsor yang Nyaman Digenggam


Bermain game di android memang mengasyikan. Apalagi sekarang game yang dirilis di platform android mulai beragam. Tidak hanya berkutat pada game kasual saja, Game bertypical hardcore pun sedikit demi sedikit mulai di rilis di platform ini. Dengan kontrol yang kompleks, kenyamanan bermain pun tidak akan maksimal jika hanya mengandalkan kontrol on screen. Eksternal controler dapat menjadi solusi dalam masalah ini. Ipega Telescopic Controler 9023 "sebut saja Ipega 9023" merupakan eksternal controller third party buatan ipega.

Desain
Ipega 9023 mempunyai ukuran yang cukup besar. Controller ini memang dikhususkan untuk phanblet atau tablet. Jadi jangan harap handphone berukuran layar 5 inch kebawah dapat diletakkan di controller ini. Ipega 9023 hanya mensupport Phanblet/Tablet ukuran 5 - 10 inch. Docking untuk meletakkan device ada di tengah-tengah joystick tepatnya di antara tombol d-pad dan abxy. Dengan desain seperti ini kamu akan merasa seperti bermain PSP Jumbo karena posisi layar ada tepat di tengah-tengah controller. Zenfone 6 yang saya gunakan sebagai unit percobaan bisa dengan mudah dipasangkan ke controller ini.




Penempatan tombolnya sendiri susunannya agak mirip seperti gamepad Nintendo Wii U. Analog kiri dan kanan diletakkan di atas tombol d-pad dan abxy. Analognya sendiri menurut saya radius putarannya terlalu jauh mungkin ini untuk mengimbangi bongsornya body controller ini. Tombol - tombol pada Ipega 9023 lumayan nyaman digunakan walaupun tidak senyaman controller game konsol zaman sekarang. Simbol abxy ala controller Xbox menghiasi tombol Ipega 9023. Tombol Trigger L dan R juga tersedia di bagian atas. Port micro usb terletak di kiri bawah untuk proses pengecasan.

Baca Juga Review Gamepad Ipega lainnya di Ipega 9021

Fitur
Untuk menyambungkan controller ini dengan perangkat kamu, Ipega 9023 menyediakan koneksi melalui Bluetooth. Cara pengoneksiannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol X + home pada ipega 9023. Setelah itu tinggal kamu pasangkan Ipega dengan Device kamu dan Ipega bisa langsung kamu gunakan. Selain menjadi Controller game, Ipega 9023

juga dapat kamu gunakan sebagai remote untuk music player Device kamu. Tombol Multimedia ini terletak di bawah tombol abxy. Tombol yang tersedia ada 5 yaitu, play/pause, Volume up, Volume down, next, dan previous.

Selain untuk android, Ipega juga mensupport beberapa Platform lain, Seperti Ios, Windows/PC, dan Windows Mobile.

Gameplay Test
Saya menggunakan game Modern Combat 4 Zero Hour dan Emulator PPSSPP untuk mengetes controller ini. Saat digunakan untuk menjajal  Modern Combat 4, Controller ini sangat nyaman digunakan, Ukurannya yang besar membuat merasa nyaman dalam memakai controller ini. Satu yang menurut saya menjadi kelemahan controller ini. Jauhnya radius jangkauan analognya membuat kamu susah melakukan manuver cepat. Saya beberapa kali mati dalam mode multiplayer karena kalah cekatan dengan lawan. Selebihnya controller ini lumayan nyaman dipakai.

Saat digunakan untuk memaninkan game PSP menggunakan PPSSPP, Ipega 9023 tidak menemui kendala berarti. PPSSPP dapat dengan mudah mengenali controller ini. Semua tombol dalam kontroller ini dapat terbaca oleh PPSSPP saat dilakukan penyetingan konfigurasi. Seperti yang sudah saya katakan diawal. Impresi awal saat menggunakan kontroller ini sekilas mirip seperti menggunakan PSP besar. Jadi Pengalaman yang kita dapat di PSP dapat kita rasakan secara sempurna saat menjalankan PPSSPP dengan Ipega 9023.




Harga
Ipega 9023 dapat kamu bawa pulang dengan Rp. 375.000. Dengan harga segitu kamu mendapatkan satu unit Ipega  dengan sebuah kabel usb.

Kesimpulan
Memang controller ini bukan yang terbaik di kelasnya. Dalam urusan grip dan daya pegang, saya akui gamepad ini memang sangat baik. Namun, kurang nyamannya tombol - tombol dan analognya membuat kenyamanan yang mampu di berikan gamepad ini berkurang. Jika kamu hanya sekedar mencari gamepad portable untuk menemani perangkat Android kamu, silahkan kamu beli gamepad ini. Namun jika yang kamu cari ialah gamepad dengan handling yang presisi maka silahkan berpikir dua kali sebelum kamu membelinya. 
.





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Review Hardware Ipega 9023 Telescopic Controller : Gamepad Portable Bongsor yang Nyaman Digenggam"