Grand Theft Auto Liberty CIty Stories Android Mini Review : Rilis Ulang GTA lawas Ke - 5 di Android


Tak terasa, Perilisan Grand Theft Auto lawas di Platform Mobile telah memasuki tahun ke 4. Kurang lebih 1 Seri Grand Theft Auto lawas dirilis ulang tiap tahunnya, mulai dari GTA III , GTA :Vice City, GTA : San Andreas, dan GTA : Chinatown Wars. Untuk melengkapi seri - seri tersebut, Rockstar game kembali merilis game lawas Grand Theft Auto ke ranah mobile "Grand Theft Auto : Liberty City Stories. Bagaimana impresi awal yang diberikan game tersebut?

Seperti yang diberitakan pada awal perilisannya di Playstation 2 dulu, Grand Thef Auto : Liberty City (Sebut saja "GTA : "LCS") merupakan serial Grand Theft Auto terakhir yang memakai engine dari GTA III. Jadi jika ditanya soal grafisnya, GTA : LCS memiliki cita rasa grafis khas GTA III. Dari beberapa game GTA yang menggunakan Engine GTA III. Saya merasa GTA : LCS ini memiliki gaya visual yang mirip dengan GTA III tapi sedikit dibumbui rasa GTA : San Andreas.



Presentasinya grafisnya di Smartphone pun cukup baik walaupun masih banyak ditemui jaggies disana - sini. Tapi saya rasa hal itu tidak terlalu mengganggu karena pace game GTA sendiri yang sangat cepat sehingga jaggies yang ada bisa sedikit tersamarkan. Jaggies ini tidak akan hilang walaupun kamu bermain dengan kualitas grafis tinggi dengan resolusi high sekalipun, jadi saran saya sesuaikan resolusi dan kualitas grafis dengan kemapuan Smartphone kamu agar tidak terjadi pemborosan daya batere saat kamu bermain. Coba - cobalah semua kombinasi visual yang ada agar kamu bisa mendapatkan kualitas visual terbaik dengan FPS yang nyaman di mata kamu. 

Di unit test yang saya gunakan dengan prosesor MTK MT65892 dan pemrosesan grafis mali t760 yang memiliki antutu sekitar 45000, Kualitas grafis dan FPS terbaik saya dapatkan dengan setingan resolusi medium dan kualitas grafis juga medium. Mungkin di smartphone yang ditenagai chipset snapdragon dengan antutu setara akan bisa menghasilkan hasil yang lebih baik.



GTA : LCS kembali mengusung landscape kota Liberty City yang terdapat pada GTA III. Kabar baiknya, grafis yang digunakan sudah jernih layaknya GTA : San Andreas. Seperti yang saya katakan diatas, GTA : LCS merupakan Jelmaan GTA III yang bercita rasa San Andreas. 

Bagaimana dengan gameplaynya? Walaupun kualitas grafis sudah sama seperti San Andreas, tetapi gameplaynya sebagian besar masih bercita rasa GTA III. Tidak adanya fitur berenang menjadi salah satu pukulan besar yang menurut saya cukup bisa menjatuhkan nilai game ini. Memang konsep dari game ini merupakan versi lain dari GTA III, tapi saya rasa cukup adil untuk menambahkan sedikit fitur seperti berenang dan penjelajahan lautan. Untungnya, hal utama yang menjadi salah satu nilai jual yaitu driving systemnya sudah seperti GTA : SA sehingga berkendara di dalam game ini terasa cukup menyenangkan. Satu hal lagi, selama saya berjam - jam menggeluti game ini, saya sedikit kurang terkesan dengan storynya. Menurut saya storynya agak kurang jelas dan tidak terlalu mengena juga misinya tidak semenarik GTA : SA. Fitur - fitur pelengkap seperti radio masih bisa kamu temukan di game ini. Sayangnya, jika kamu merupakan psikopat dan cheater holic, kamu tidak bisa memasukkan cheat secara langsung di versi androidnya.



Berbicara mengenai game portingan dari konsol yang menggunakan Joystick ke Smartphone, tentu saja hal yang paling membuat kamu bertanya - tanya yaitu "Seperti apa sih sistem kontrolnya, Nyamankah?". Saya berani menjamin kontrol pada GTA : LCS merupakan salah satu yang terbaik untuk genre Open World di Platform mobile. Semua layout kontrol diletakkan pas pada posisinya. Jika kamu kurang nyaman dengan layout kontrol defaultnya, kamu juga bisa mengutak - atik setingannya karena game ini menawarkan berbagai macam variasi kontrol layout yang bisa kamu pilih. Saya mencoba mengeksplorasi layoutnya dan saya menyarankan agar kamu menggunakan touch layout clasic dan touch steering bertype button untuk kontrol yang presisi. Oh ya, game ini juga support gamepad eksternal jika kamu ingin memakainya.




Kamu bisa menebus GTA LCS dengan harga $4.99 saja, jika di rupiahkan mungkin sekitar 70 ribuan. Cukup layak untuk game mobile dengan kualitas kelas satu.

Kesimpulan
Grand Theft Auto : Liberty City Stories menyambung eksistensi seri GTA lawas di Platform mobile. Kontrol yang akurat dan cita rasa klasik yang dimilikinya membuat game ini sangat kami sarankan untuk menemani waktu luang kamu. Namun, game ini merupakan game bagus yang kurang komplit karena adanya fitur-fitur khas GTA yang tidak dimilikinya. Saran saya, lebih baik kamu membeli GTA : San Andreas jika kamu memang menginginkan kebebasan lebih. Tapi, jika kamu ingin bernostalgia dengan game ini, game ini sangat kami rekomendasikan.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Grand Theft Auto Liberty CIty Stories Android Mini Review : Rilis Ulang GTA lawas Ke - 5 di Android"

  1. Mas cara cheatnya gimana yaah, apa pake game keyboard? Thanks

    BalasHapus