Review GT Racing 2 : The Real Car Experience


GT Racing 2 : The Real Car Experience merupakan penerus dari game GT Racing sebelumnya. Game berbasis Freemium ini dirilis gameloft pada tahun 2013 lalu. Walaupun telah lama dirilis, game ini masih mendapatkan patch - patch baru yang membuat game ini semakin menarik untuk dimainkan. 

Grafis
GT Racing 2 Menampilkan Visual yang lumayan sedap dipandang untuk ukuran game android. Walaupun sebenarnya grafis game ini masih kalah dengan game sejenis berjudul Real Racing 3 dari EA games. Model 3D mobil yang ditampilkan lumayan mendetil dengan efek-efek khusus seperti kilat cahaya dan bayangan pada mobil yang mempercantik presentasi langsung dari GT Racing 2. Visual lintasan yang disuguhkan juga lumayan mendetil. Aspal yang memantulkan cahaya matahari dan hamparan langsung sinar matahari ke layar membuat pengalaman membalap di game ini terasa lebih nyata.





Game ini mempunyai 4 sudut pandang kamera yang bisa kamu gunakan. Mode - mode tersebut ialah Third Person Near, Third Person Far, Dashboard View, dan Bumper View. Mode Dashboard view hanya dapat kamu gunakan jika Smartphone kamu dianggap gameloft cukup kuat untuk menampilkan view tersebut. Anehnya, ada juga kasus dimana GPU Smartphone yang mempunyai performa cukup tinggi Dashboard Viewnya di Disable Gameloft. Kejadian tersebut terjadi saat kami menggunakan Smartphone yang menggunakan GPU Mali T760MP2 dengan Prosesor Octa Core Mediatek MT6752m. Padahal, Saat kami menjalankan game ini di Asus Zenfone 6 yang berprosesor Dual Core Intel Clover Trail dengan GPU PowerVR SGX 544MP2 Dashboard View tidak di disable gameloft padahal diatas kertas MT6752m jauh lebih bertenaga dengan selisih antutu benchmark sebesar 15 ribu.




Gameplay
Seperti game-game simulasi balap lainnya, kamu di daulat sebagai pembalap yang harus memenangkan tantangan - tantangan yang diberikan. Terhitung ada 4 jenis tantangan yang diberikan GT Racing 2. Yang pertama mode Ambil alih. Kamu harus menyusul semua lawanmu untuk memenangkan tantangan ini. Yang kedua mode balapan klasik. Pada mode ini kamu hanya perlu mencapai garis finish dengan posisi setinggi-tingginya. Selanjutnya mode penguasa bukit. Inti dari mode ini ialah mempertahankan posisi kamu selama mungkin untuk mendapatkan poin. Semakin tinggi posisi kamu, maka semakin banyak pula poin yang kamu raih. Kunci dari mode ini ialah mempertahankan posisi teratas selama mungkin. Yang terakhit mode Kualifikasi. Mode ini sama saja seperti mode time trial yang biasa kamu jumpai di game balap lainnya. 




Saat kamu berhasil menyelesaikan tantangan, kamu akan diberikan bintang sebagai reward. Banyaknya jumlah bintang yang diberikan tergantung dengan posisi berapa kamu menyelesaikan balapan. Maksimal bintang yang bisa kamu raih per balapan berjumlah 3 bintang. Bintang-bintang ini lah yang nantinya akan menetukan progress kamu dalam menyelesaikan game ini. Semakin banyak bintang yang kamu kumpulkan, semakin banyak pula variasi mobil dan lintasan yang dapat kamu mainkan.

Game ini juga mempunyai 4 variasi skema kontrol yang dapat kamu gunakan. Type - type yang ada ialah penggunaan sensor accelerometer untuk menggerakan mobil, tap kiri kanan, dan juga mode stir virtual. Dari semua kontrol yang ada, menurut kami yang paling nyaman dan responsif menggunakan sistem tap di layar. Jika kamu merupakan gamer casual yang hanya ingin menikmati game ini tanpa perlu mempelajari skema kontrol lebih lanjut, ada fitur bantuan pengereman dan stir otomatis yang membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah. 



Fitur
GT Racing 2 menyuguhkan 2 mode utama yaitu Single Player dan Semi Multiplayer. Mengapa kami sebut mode Semi Multiplayer? karena dalam mode multiplayer GT Racing, kamu tidak benar-benar melawan pemain lain secara langsung. Yang kamu lawan ialah rekaman waktu lawanmu yang disimpan dalam server gameloft. Saat kamu memenangi balapan kamu akan diberikan poin sesuai dengan posisi finish kamu. Yang menarik, GT Racing menyediakan fitur kejuaraan. Kejuaraan ini mempunyai beberapa tingkatan. Jika kamu memenangi kejuaraan, kamu akan naik tingkat ke kejuaraan lainnya. Kejuaraan ini memakai sistem klasemen. Poin yang kamu dapatkan dalam mengikuti balapan multiplayer akan diakumulasikan disini.



Satu lagi, GT Racing 2 mempunyai fitur yang dinamai bentrokan tim. Fitur ini sebenarnya merupakan fitur multiplayer biasa, bedanya dalam fitur ini kamu akan menjadi bagian dari salah satu tim dan membalap dengan membawa nama tim tersebut. Nilai kamu pun akan diakumulasikan dengan nilai anggota tim lainnya.



Yang paling menarik dari GT racing yaitu banyaknya event yang diselenggarakan secara berkala. Di event-event yang diselenggarakan ini, kamu bisa memenangkan hadiah yang mungkin hanya bisa kamu dapatkan jika kamu membeli IAP yang ada. 


Harga
Game ini dapat kamu download dari Google Playstore secara gratis. Perlu diingat, game ini bertipe freemium yang berarti game ini mengimpletasikan IAP di dalamnya. Tapi, kamu tidak perlu takut karena IAP dalam game ini hanya bersifat opsional. Jika kamu type orang yang tidak sabaran, saya sarankan kamu untuk berjibaku membeli IAP yang disediakan.

Kesimpulan
Tidak diragukan lagi, GT Racing 2 merupakan salah satu game terbaik yang dirilis untuk Android. Peningkatan dari sequel sebelumnya pun juga tidak main-main. Kontrol yang lebih baik, grafis yang lebih wah dan fitur yang lebih banyak membuat game ini sangat layak untuk dimainkan. Yang patut disayangkan,  gameloft lebih memilih type Freemium untuk franchisenya yang satu ini.


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Review GT Racing 2 : The Real Car Experience"