Feature : Playstation Vita VS New 3ds XL Siapa yang layak dipinang?


Pasar portable Gaming masih dipegang oleh dua raksasa Nintendo dan Sony dengan produknya Nintendo 3ds dan Playstation Vita. Walaupun umur keduanya sudah memasuki 4 tahun sejak pertama kali beredar, gaung kedua portable gaming device ini masih sangat tinggi. Bagi gamer yang berdompet tebal membeli keduanya sekaligus bukanlah sebuah masalah. Bagaimana dengan gamer yang berkantong cekak yang harus menabung terlebih dahulu?. Kali ini kita akan membahas yang mana konsol yang layak dan cocok untuk kamu beli. Versi yang akan kita bahas merupakan versi terbaru dari kedua vendor. New Nintendo 3ds XL dan Playstation Vita Slim 2000

Playstation Vita merupakan handheld besutan Sony yang diharapkan dapat meneruskan kesuksesan dari PSP yang penjualan cukup baik. Desain pada Playstation Vita dibuat mengikuti desain PSP sebagai acuan walupun sebenarnya bentuk dari keduanya cukup berbeda. Playstation Vita mempunyai Dual Analog stick seperti pada kontroler Dualshock 3. Dibagian belakangnya terdapat Capasitive Touchscreen yang sayangnya kurang dimanfaatkan oleh para developer. Playstation Vita juga memiliki layar depan LCD 5 inch untuk Versi 2000 dan OLED untuk Versi 1000.  Semuanya sudah berjenis Capasitive Touchscreen plus Multitouch.



New Nintendo 3ds XL merupakan varian terbaru dari keluarga 3ds. Kecepatan proses New Nintendo 3ds XL ini diklaim lebih cepat dari varian lainnya. Peningkatan hardware yang dilakukan nintendo dapas sedikit menaikkan power dari handheld ini. Buktinya, Xenoblade Chronicles 3d yang aslinya merupakan game Nintendo wii di porting langsung ke New 3ds. Jangan harap old 3ds dapat memainkan game ini, karena power dari keduanya berbeda. Dual layar masih disuguhkan Nintendo. Yang atas berfungsi sebagai Layar 3d 4,88 inch dan yang bawah berteknologi resistive Touchscreen dengan ukuran 4.18 inch. Pada New Nintendo 3ds juga ditambahkan C-stick yang berfungsi sebagai circle pad/analog kedua serta tombol triger zl dan zr



Dari Kualitas hardware Secara Keseluruhan Playstation Vita masih mengungguli New 3ds XL. Walaupun dari segi hardware New 3ds XL terlihat outdated dengan teknologi zaman sekarang, New 3ds XL mempunyai poin Uniknya Sendiri yang menjadi Nilai Daya Jual yang Patut Diperhitungkan. Mario, Zelda, Donkey Kong, Starfox, Pokemon semuanya merupakan IP dari Nintendo yang hanya dapat kamu nikmati di konsol buatan Nintendo termasuk 3ds. Support First Party Seperti ini juga sempat menghampiri Playstation Vita saat awal-awal peluncurannya. Uncharted, Little Big Planet, Killzone semua IP milik Sony itu dapat kamu mainkan di Playstation Vita. Waktu berlalu dan dengan kenyataan penjualan Vita yang di bisa dibilang kurang memuaskan. Sony pun menarik semua Support First party dari Playstation Vita. Sekarang, Playstation Vita di dominasi oleh game indie dan developer third party khususnya genre game niche jepang.

Disisi gameplay, Playstation Vita terasa seperti konsol rumahan yang dapat kamu bawa kemana saja. Rata-rata game yang terdapat di Playstation Vita gameplaynya panjang dan kualitas grafis yang hampir setara PS3 membuat handheld ini lebih cocok dimiliki oleh Hardcore gamer. Disisi lain Nintendo 3ds lebih menyuguhkan game-game yang bersifat fun dan atraktif. Inilah yang membedakan 3ds dan Playstation Vita. Dengan hardware yang pas-pasan 3ds seperti melaju kencang. gmae-game yang dirilis dapat memanfaatkan segala fitur dan gimmick yang dimiliki 3ds. Jadi jangan heran jika game - game 3ds mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dari Playstation vita. Walaupun ada juga game laystation Vita yang memanfaatkan semua gimmick yang ada di Vita. Tearway dan Little Big Planet dapat dijadikan contohnya. Tapi jumlahnya kalah jauh dibandingkan dengan library yang ada di 3ds.



Playstation vita mempunyai fitur remote play dan PS Now yang merupakan fitur untuk streaming game. Jika Remote Play fungsinya hanya  untuk menstreaming game dari PS4 atau PS3 kamu, PS Now mempunyai fungsi yang sedikit berbeda. PS Now memungkinkan kamu menstreaming judul game PS3 dan memainkannya di VIta kamu secara langsung. Fitur ini seperti sistem sewa. Jadi kamu harus membayar agar bisa menggunakan fitur ini. Disamping itu fitur ini membutuhkan koneksi Internet 5mb/s WOW!!!.



Baik Playstation Vita dan Nintendo 3ds sama-sama mempunyai backward compability dengan system sebelumnya. 3ds bisa memainkan game System handheld sebelumnya melalui catridge walaupun hanya sebatas game NDS. Sementara Vita hanya dapat memainkan game tersebut melalui e-shop.

Salah satu kelemahan terbesar dari Nintendo 3ds ialah keras kepalanya Nintendo dalam mempertahankan sistem bodoh yang bernama region lock. Dengan adanya system ini kamu dibatasi hanya bisa memainkan game sesuai dengan region mesin 3ds kamu. Jika kamu mempunyai 3ds region USA, jangan harap kamu dapat memainkan game untuk region Jepang. Sementara Playstation Vita mengusung region Free yang artinya semua game dengan region apapun dapat dimainkan dengan handheld vita region manapun. Walaupun fitur ini juga tidak sepenuhnya sempurna. Contohnya jika kamu mempunyai akun PSN region 3 dan game kamu region 1, DLC yang tersedia tidak bisa kamu download.



Sony juga memiliki kebijakan yang terkenal tidak pro konsumer di Playstation Vita. Sony memutuskan untuk menggunakan Memory First Party buatan mereka yang harganya cukup mahal. Sementara Nintendo lebih user friendly dengan micro sd yang diusungnya. Padahal fungsi memory di Playstation Vita sangat krusial. Tanpa Memory jangan harap kamu dapat mensave game. Untungnya di Playstation Vita 2000 sudah tersedia Internal memory sbesar 1 gb.



Kemampuan  batere kedua handheld ini tidak terlalu jauh. New 3ds Xl dapat bertahan 3 jam - 6,5 jam. Playstation Vita 2000 mampu bertahan antara  3 jam - 7 jam.

New Nintendo 3ds XL dijual dengan harga Rp. 3.000.000 sementara Playstation Vita dijual dengan harga Rp 2.200.000.

Kesimpulan
Kekuatan bukan segalanya, ini terbukti pada perang handheld antara Sony dan Nintendo. Walaupun disisi Hardware Vita lebih Superior, 3ds dapat mengatasinya dengan library game yang menarik dan melimpah. Walaupun begitu, Playstation Vita mempunyai pasarnya sendiri, Terutama untuk penggemar Jrpg, VN, dan game niche Jepang lainnya. Kedua konsol ini mempunyai keunikannya tersendiri. Pilihan ada ditangan kamu. Happy Gaming!!!.

courtesy image : google.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Feature : Playstation Vita VS New 3ds XL Siapa yang layak dipinang?"

  1. min bener gak sih katanya 3DS sekarang bisa dihack? bisa main game bajakan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, 3DS memang udah bisa main game bajakan via bantuan Sky3DS, Gateway Card, atau yang paling tenar lewat Custom Firmware.

      Hapus