Fire Emblem Fates Birthright 3DS Review : Kembali ke Tanah Kelahiran


Fire Emblem Fates merupakan salah satu game yang paling saya antisipasi di tahun 2016. Impresi yang diberikan Fire Emblem : Awakening membuat saya ingin segera menjajal seri Fire Emblem terbaru ini. Fire Emblem Fates dirilis menjadi dua judul game yaitu Birthright dan Conquest. Masing - masing judul memberikan konten yang berbeda. Yang paling kentara, Storyline dari kedua game ini saling bertolak belakang, walaupun masih dalam satu aliran waktu yang sama. Menurut rumor yang beredar Fire Emblem Conquest memberikan tingkat kesulitan yang lebih menantang dibanding Birthright, karena itulah saya memilih untuk mengeksplorasi Birthright terlebih dahulu sebelum masuk ke seri Conquest.

Grafis yang diusung oleh Fire Emblem Fates : Birthright sangat mirip dengan apa yang disajikan di Fire Emblem Awakening. Penyajian art karakter dan latar belakang tempatnya pun sama walaupun di beberapa bagian saya merasa seri Fire Emblem terbaru ini sedikit lebih superior. Di beberapa bagian, kamu masih akan menemukan Video CGI seperti pada Fire Emblem Awakening.



Pada seri Birthright, kamu akan memainkan peran sebagai pangeran dari kerajaan yang bernama Hoshido. Saat masih kecil, pangeran tersebut diculik oleh Kerajaan Nohr dan dibesarkan di sana. Nantinya, kamu akan mengalami serangkaian event yang akan menggiring kamu kembali ke Hoshido.

Saya sendiri sangat terkesan dengan alur cerita yang disajikan Birthright. Jalan ceritanya sangat teratur dan kadang - kadang kamu akan dibuat terkejut dengan plot twist yang tiba -tiba terjadi. Saya tanpa sadar meneteskan air mata saat ada event - event sedih dan kadang - kadang nyengir sendiri saat ada event yang membuat saya terkesan. Saya berani jamin kamu tidak akan kecewa dengan jalan ceritanya.


Dari Segi Gameplay, Fire Emblem Fates : Birthright masih mengusung game tactical rpg. Kamu akan menjalankan karakter secara bergantian dengan lawanmu. Jika kamu masih sulit membayangkannya kurang lebih gameplaynya mirip permainan catur. Sediki tips, seperti fire emblem Awakning beberapa elemen yang harus kamu perhatikan saat memilih AI mana yang akan kamu serang  yaitu : Senajata yang kamu pakai, level karakter, serta ada atau tidaknya karakter support. Jika kamu memperhatikan elemen itu, saya yakin kamu akan dengan mudah menamatkan game ini.



Setiap karakter memiliki job dan class yang nantinya dapat kamu kustomisasi. Secara umumnya, setiap job Line yang tersedia dibagi menjadi dua level yaitu level basic dan master. Untuk menaikkan level job, kami bisa menggunakan item yang tersedia dengan syarat karakter yang ingin kamu naikkan level jobnya paling tidak memiliki level 11 ke atas. Level maksimal untuk setiap karakternya dibatasi hanya 20 level. Sebagai saran, lebih baik kamu maksimalkan level karakter kamu sebelum kamu naikkan level jobnya agar status yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Untuk menaikkan level karakter, kamu bisa mengumpulkan experience dengan cara memenangkan pertarungan. Semakin sering pertarungan kamu menangkan maka semakin banyak pula experience yang akan kamu dapatkan yang juga berarti level karakter kamu akan naik juga.

Untuk kustomisasi karakter, yang menjadi perbedaan mencolok antara Fire Emblem Fates dan Awakening yaitu kini semua senjata kecuali staff menjadi immortal yang berarti senjata tersebut tidak akan hancur walaupun kamu memakainya terus menerus. Senjata - senjata tersebut juga bisa kamu upgrade jika kamu telah membangun smith di kastil.



Selain senjata, kamu juga dapat mengkustomisasi aksesoris untuk setiap karakter. Aksesoris ini bukan hanya sekedar untuk memperunik dan merubah tampilan saja. Tetapi aksesoris ini juga dapat meningkatkan status karakter kamu walaupun efeknya tidak terasa secara signifikan.

Salah satu fitur tambahan yang menurut saya cukup menjadi poin plus yaitu sistem support antar karakter. Level support dibagi menjadi 4 tingkatan mulai dari C dan sampai yang tertinggi S untuk lawan jenis dan A+ untuk yang jenis kelaminnya sama. Level support akan naik seiring dengan seringnya karakter - karakter  menjalani pertempuran bersama. Di setiap naiknya level support. kamu akan disuguhkan percakapan - percakapan yang menurut saya cukup menghibur. Tak jarang juga percakapan tersebut berisi tentang latar belakang karakter. Perlu kamu ketahui, semakin tinggi level support maka saat kedua karakter tersebut bertarung bersama statusnya akan naik. Dan jika ada dua karakter yang berlawan jenis memiliki support level S, kedua karakter tersebut akan menikah. Di saat karakter kamu menikah, maka kamu akan diberikan beberapa event seperti mini dating sim yang bisa kamu eksplorasi lagi. Lumayan sebagai pelepas penat saat kamu berhasil menyelesaikan quest. Karena seri yang kami coba merupakan seri Birthright jadi hanya karakter - karakter dari Hoshido saja yang dapat kamu nikahi walaupun ada beberapa dari Nohr juga.



Fitur baru yang cukup menarik di Fire Emblem Fates yaitu adanya fitur castle. Jadi, setelah menyelesaikan quest, kamu diharuskan mengembangkan castle kamu. Memang awalnya hanya ada beberapa bangunan tersedia. Tapi, kamu bisa membangun bangunan baru dengan mengumpulkan DVP point, DVP poin akan bertambah setiap kamu menyelesaikan quest. Bangunan - bangunan ini dapat berupa, armor shop, weapon shop, ataupun rod shop.
Kabarnya, kamu juga bisa menyerang castle milik temanmu melalui fitur streetpass. Sayasendiri belum mengetahui kepastian fitur ini karena kami belum mengeksplorasi sisi multiplayernya.



Kesimpulan
Dilihat dari genre game Tactical RPG, Fire Emblem Fates merupakan salah satu game terbaik di Genre ini. Jika kamu sebelumnya pernah menjajal Fire Emblem Awakening, kamu pasti akan suka dengan game ini. Banyaknya fitur - fitur baru, dan juga jalan cerita yang bagus membuat game ini layak diperhitungkan baik untuk veteran maupun orang yang baru ingin mencicipi franchise ini. Fire Embelem Fates : Birthright dapat kamu bawa pulang dengan harga Rp. 525.000 di toko game terdekat di kotamu.





*image diambil dari 'google.com' karena sulitnya proses pengambilan screenshot langsung dari 3ds


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fire Emblem Fates Birthright 3DS Review : Kembali ke Tanah Kelahiran"

Posting Komentar