Tahu Bulat Android Review : Rasakan Asyiknya Menjajakan Tahu Bulat Keliling

Android merupakan Platform yang paling digemari developer - developer indie. Begitu Pula developer indie di Indonesia. Akhir - akhir ini developer game mobile Indie di Indonesia semakin banyak saja. Game - game yang mereka rilis kebanyakan merupakan game kasual yang lebih mengutamakan aspek fun daripada kompleksitas gameplay. Salah satu Developer Indie di Indonesia "Own Games" merilis game kasual mereka dengan judul Tahu Bulat di PlayStore


Grafis
Tahu Bulat mengadopsi grafis 2D yang simpel dan terlihat agak kekanak-kanakan. Mungkin hal itu agar game menjadi menarik di mata anak - anak. Gaya penggambaran karakternya memberikan kesan lucu dan tidak neko - neko yang berarti karakternya sangat sederhana. Jika kamu memperhatikan secara teliti, kamu pasti akan menyadari wajah mamang tahu bulat dengan wajah anak - anak yang membeli tahu sangat persis. Yang sangat menarik perhatian saya yaitu adanya elemen-elemen khas indonesia yang dimasukkan kedalamnya. Kamu bisa melihat mobil Grand Max, bendera merah putih, serta bola dunia bertuliskan Indonesia.
Grafis Tahu Bulat terlihat sangat child friendly

Seperti grafisya, animasinya juga sangat sederhana. Saya hanya menemukan beberapa gerakan animasi yang terjadi. Namun, walaupun animasinya sedikit tapi pergerakan karakternya sangat mulus karena frameratenya yang tinggi.

Gameplay
Game buatan anak negeri yang satu ini mengusung genre Tap Grinding Simulation. Game dengan genre seperti ini mengharuskan kamu mentap layar sebanyak mungkin untuk sekedar bergrinding ria. Gameplay tahu bulat tidak jauh dari akar genre yang diusungnya. Sama seperti game Tap Grinding Simulation lainnya, pada game Tahu Bulat kamu harus mentap layar untuk membuat Tahu Bulat kamu laris manis. Semakin cepat kamu mentap maka semakin banyak pula Tahu Bulat kamu yang laku terjual.
Upgrade Item agar pembeli yang datang lebih banyak

Ingat, game ini juga merupakan game simulasi yang berarti kamu diharuskan mengumpulkan uang untuk mengupgrade peralatan/item agar Lapak Tahu Bulat yang kamu miliki semakin berkembang. Secara garis besar, item dibagi menjadi dua kelompok yaitu item peralatan dan item bahan. Item Peralatan berfungsi agar frekuensi rata - rata tahu bulat yang dibeli per 1 konsumer menjadi semakin banyak setiap detiknya sedangkan Item bahan berfungsi untuk menaikkan harga tahu bulat.
Item peralatan dapat menambah frekwensi pembeli

Setiap item memiliki level utama dan sub level. Jika sub level sudah maksimal, maka kamu akan bisa membeli item baru yang berarti item kamu akan naik level. Item - item ini bisa  kamu upgrade jika kamu sudah mengumpulkan koin dengan jumlah tertentu. Sayangnya, item - item dalam game ini levelnya masih terbatas, mungkin di Update Selanjutnya Own Games bisa menambah level itemnya.

Waktu grinding dalam game ini lumayan cepat. Tidak sampai satu jam bermain, saya sudah memaksimalkan level semua item peralatan dan semua item bumbu sudah lebih dari seperempat sub level. Asyiknya, ketika kamu sedang tidak bermain penjualan akan tetap berlangsung sehingga saat kamu kembali membuka game ini kamu akan mendapatkan sejumlah uang langsung yang bisa kamu pakai untuk mengupgrade item - item kamu.  Apalagi jika kamu mengambil bonus dengan mentap tako yang bergelantung di balon, penghasilan kamu akan naik 2 kali lipat. Berbicara tentang tako, saya sangat mengapresiasi cara penyajian iklan yang dipakai oleh Own Games. Iklan akan tayang jika kamu mentap tako yang bergelantungan di balon tersebut. Jadi, player yang memilih apakah ingin menonton iklan atau tidak. Jika player menonton iklan, maka player akan diberi reward berupa hasil penjualan yang dinaikkan 2 kali lipat. Win - win Solution ya.
Sistem Iklan yang cerdas dari Own Games

Setelah beberapa waktu bergrinding ria tentunya kamu ingin melihat progress yang sudah kamu lalui secara keseluruhan. Untungnya, tahu bulat memiliki fitur tersebut. Kamu bisa melihat total penghasilan yang sudah kamu dapatkan dan juga kamu bisa melihat sejauh mana level item peralatan kamu.
Kamu bisa melihat statistik  permainan secara keseluruhan
Sound
Khas Indonesia. Itulah kata yang pertama kali terlintas di benak saya saat mendengarkan soundtracknya. Lantunan suara angklung menjadi pengiring yang pas saat bergrinding ria berjualan Tahu Bulat. Begitu pula dengan SFXnya. Kamu akan mendengarkan teriakan khas mamang tahu bulat. "Tahu Bulat Digoreng Di Mobil Nyoii" Akan kamu dengar saat kamu mentap layar. Setiap kali tap maka akan keluar sepatah kata. Kamu juga akan mendengarkan suara anak kecil setiap kali kamu mentap. Hal ini membuat suasana permainan menjadi lebih real dan mengasyikkan.

Harga
Kamu bisa mendapatkan game ini secara gratis di Playstore tanpa integrasi IAP di dalamnya. Seperti yang saya jelaskan tadi, di dalam game ini terdapat sedikit iklan namun dengan sistem iklannya yang cerdas membuat developer dan player mendapatkan keuntungan yang sama.


Kesimpulan
Game Kasual karya anak bangsa yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Yup, game simulasi berjualan ala Indonesia sangat jarang di temui di App Store Manapun. Dengan ciri khas dan kesederhanaanya serta simpleksitas yang dimilikinya membuat saya merekomendasikan game ini untuk mengisi waktu luang kamu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahu Bulat Android Review : Rasakan Asyiknya Menjajakan Tahu Bulat Keliling"

Posting Komentar