Review Harvest Moon Seed Of Memories Android : Bukan Game Yang kamu Harapkan

Setelah beberapa bulan sebelumnya Harvest Moon : Seed Of Memories mampir di iOS, akhirnya Natsume merilis serial ini di Android. Walaupun berjeda lebih dari 3 bulan, mungkin banyak dari kamu yang belum sempat mencicipi game ini di iOS. Kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang mekanisme gameplay dan impresi yang diberikan seri Harvestmoon pertama di Platform Mobile. Apakah seri pertama ini mampu memikat dan memenuhi ekspetasi?



Grafis

Saya sedikit heran dan juga agak bingung dengan keputusan Natsume yang membuat tampilan dari Seed of Memories memakai tampilan grafis 2D. Grafisnya terlihat seperti game GBA yang dimodernisasi.  Apalagi presentasinya terkesan jauh dari kata menarik. Interfacenya di dominasi dialog kotak - kotak sederhana yang membuat cita rasa premium dalam game ini berkurang. Melihat spesifikasi rata - rata smartphone sekarang, sudah sepantasnya Natsume mampu menghadirkan grafis yang jauh lebih baik lagi.
Grafis Harvestmoon Seed Of Memories

Selain grafisnya yang terkesan jadul dan dipaksa terlihat modern, yang lebih parahnya lagi rata-rata isi rumah yang ada di desa terlihat sama persis. Mulai dari objek dan penempatannya. Selain itu, kadang kala objek yang bisa kita interaksi malah terlihat seperti bagian dari background. Hal - hal tersebut menambah dan mempertegas kembali kemediokeran dari grafisnya. 



Interior rumah yang identik dan sama

Secara garis besar, Map pada Harvestmoon Seed Of Memories dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu Desa, Perkebunan, dan Pegunungan. Poin plusnya, semua lokasi tersebut dihubungkan dengan satu persimpangan yang berarti akses dari satu tempat ke tempat lainnya akan mudah. Terlebih lagi, mapnya tergolong kecil sehingga kamu bisa berpindah lokasi dengan cepat.
Taman Desa Harvest Moon Seed Of Memories
Gameplay
Cerita dimulai dengan percakapan antara karakter kamu dengan warga desa. Setelah warga desa pergi, tiba - tiba kamu mendengar suara tangisan dan segera pergi ke sumber suara. Ternyata, suara tangisan tersebut berasal dari Harvest Sprit3 (kurcaci) bernama Rowan. Karena tidak ada lagi yang mengurus perkebunan, Harvest Sprite kehilangan kekuatannya dan menghilang sehingga hanya menyisakan Rowan. Kamu pun setuju untuk membantu Rowan mengurus perkebunan hingga warga desa akan mengingat kembali perkebunan tersebut dan Harvest Sprite mendapatkan kembali kekuatannya.

Kontrol yang Sederhana
Untuk mengontrol karakter, kamu bisa menahan tap di layar agar karakter mengikuti tangan kamu atau hanya tap ke arah mana kamu akan berjalan dan karakter akan bergerak ke arah tap tersebut. Sebenarnya kontrolnya cukup nyaman. Namun jika kamu mempunyai Smartphone dengan layar lebih dari 5.5 inch, kenyamanan akan sedikit berkurang karena kamu tidak bisa mengoperasikan game ini dengan satu tangan. Walaupun kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan mencubit layar untuk men zoom in/out Mapnya.

Secara umum, Interaksi kontrol pada Seed Of Memories terbagi menjadi dua Farm mode, dan Talk Mode. Ketika kamu berada pada talk mode, kamu tidak bisa berinteraksi dengan semua hal yang berbau perkebunan. Kamu hanya bisa berinteraksi dengan warga saja. Ketika kamu berganti ke Farm Mode, barulah kamu bisa bekerja dan berinteraksi dengan objek yang menyangkut perkebunan. Untuk berinteraksi dengan objek, kamu hanya perlu mentap objek tersebut. Hal ini berlaku untuk mode farm dan mode talk. 
2 Tipe Kontrol Seed Of Memories

Teknis Gameplay yang Disunat
Gameplay utama dari seri Harvetmoon ialah simulasi mengembangkan perkebunan kamu sendiri. Oleh karena itu, pengalaman simulasi dan interaksi gameplay pada sesi ini sangat krusial untuk menentukan serial harvetmoon tersebut berhasil atau tidak. Pada Harvetmoon Seed Of Memories seperti yang tadi sudah saya katakan, untuk berinteraksi kamu hanya perlu mentap objek tersebut. Begitu juga yang terjadi saat kamu bercocok tanam. Untuk mencangkul kamu tinggal tap tanahnya, untuk menanam kamu tinggal tap tanah yang sudah kamu gali, dan untuk menyiram kamu tinggal mentap tanaman yang sudah kamu tanam. Sederhana?? ya kontrolnya memang hanya sesederhana itu, kamu tidak diberikan pilihan untuk mengequip tools seperti di serial Harvestmoon lainnya. Tools akan terequip secara otomatis tergantung objek yang kamu tap. Sistem ini menjadi nilai minus kedua yang saya lihat dari game ini setelah grafisnya yang terlihat medioker.

Unsur bercocok tanam dalam Seed Of Memories juga sangat sederhana. Entah saya yang belum ketemu atau bagaimana, setiap tanaman yang saya tanam entah itu bunga ataupun buah/sayur semuanya hanya bisa dipanen sekali. Hal ini cukup menganggu karena ritual menggali kembali dan menanam tanaman sangat melelahkan. Untungnya, rata-rata tanaman yang ada tumbuhnya lumayan cepat sehingga per bulannya kamu masih tetap bisa mendapatkan uang yang banyak walaupun dengan sedikit proses yang ribet tentunya. Andai saja natsume memasukkan tanaman yang bisa dipanen berkali - kali.
Ladang Pada Harvestmoon

Selain berkebun, tidak lengkap rasanya jika sebuah game harvetmoon tidak di lengkapi simulasi beternak hewan. Seperti sistem berkebunnya, sistem beternak pada Seed Of Memories juga dibuat sangat minimalis. Sepanjang saya memainkan seri Harvetmoon, saya baru kali ini bertemu harvestmoon yang makanan ayam dan sapinya disamakan. Selain itu, kandang kuda dan kandang sapi juga digabung menjadi satu. Hal inilah yang membuat saya sedikit kecewa. Karena dari sisi manapun dilihat, Seed Of Memories Terlalu kasual untuk sekedar menyandang nama Harestmoon. Namun dibalik fiturnya yang disunat, untungya beberapa hal masih sama seperti seri lainnya, seperti hewan yang bisa sakit, telur yang bisa kamu tetaskan, dan kuda yang bisa kamu kendarai berkeliling map yang ada dalam game ini.
Kandang pada Harvetmoon Seed Of Memories

Sumber penghasil uang utama memang berasal dari hasil kebun dan juga berternak. Namun, kamu juga bisa mencari sampingan dengan memungut item yang berserakan di pegunungan. Item tersebut akan berubah - ubah tergantung musim apa yang sedang kamu jalani. Selain itu, kamu juga bisa menambang di pertambangan. Saya malah lebih menjadikan menambang sebagai sumber masukan utama. Jika kamu rajin, uang hasil dari pertambangan akan lagi banyak dari apa yang kamu dapatkan saat berkebun dan bercocok tanam. Selain kamu jual, hasil tambang dapat kamu manfaatkan untuk mengupgrade tools kamu agar levelnya meningkat.
Menambang lebih menguntungkan dari berkebun

Sesuai dengan judulnya, objektif utama kamu selain beternak dan bercocok tanam yaitu mengumpulkan memories yang jumlahnya 150 buah. Memories dalam kamu unlock dengan menyelesaikan target ataupun objektif tertentu. Setiap memories yang kamu unlock,  kamu akan mendapatkan item - item seperti seed ataupun item lainnya.

Warga desa memiliki bar kedekatan yang bisa kamu tambah dengan memberikan item ataupun barang kesukaan mereka. Bar dilambangkan dengan nada balok. Semakin banyak nada balok yang penuh, semakin dekat pula hubungan kamu dengan warga desa. Seperti seri lainnya, jika kamu ingin menikahi heroine yang kamu mau maka kamu wajib menambah bar tersebut.

Festival yang Hambar
Festival juga menjadi salah satu ciri khas yang tidak bisa dilepaskan dari serial Harvestmoon. Festival menjadi penghibur dan saat yang ditunggu - tunggu untuk sekedar melepas kesuntukkan bercocok tanam setiap hari. Tapi, pada Seed Of Memories lagi - lagi festivalnya tidak sesuai harapan. Desa masih sepi seperti biasa, tidak adanya animasi khusus saat festival ataupun warga yang berkumpul di taman desa membuat festivalnya terasa hambar. Dan juga festivalnya terlalu sedikit jika dibandingkan seri harvetmoon lainnya. What a mess!!



Salah satu Festival dalam Seed Of Memories

Satu lagi yang membuat game ini terlihat seperti game medioker yaitu backsoundnya yang tiba - tiba berhenti dan terulang lagi dari awal. Saya tidak bilang backsoundnya jelek, malah saya menganggap backsoudnya sangat bagus dan mempunyai ciri khas tertentu. Namun sisi teknisnya membuat satu - satunya poin plus yang saya temukan dari game ini berkurang sedikit nilainya. Selain backsound, kamu juga akan menemukan sound effect yang menambah keasyikan gameplay. 

Harga
Kamu bisa menebus HarvestMoon Seed Of Memories dengan harga 120 ribu saja. Cukup mahal melihat gameplaynya dan fiturnya yang cukup dibawah ekspetasi. Seharusnya dengan harga segitu Natsume bisa membuat game ini lebih superior lagi.

Kesimpulan
Sebagai  game pertama Harvestmoon di Platform Mobile, Seed Of Memories tidak mampu meninggalkan impresi yang cukup untuk menjadikannya Salah satu Serial Harvestmoon yang paling dikenang. Banyaknya gameplay yang disunat dan harganya yang lumayan mahal membuat nilai jual dari game ini sedikit menurun. Walaupun begitu, Jika kamu penggila seri Harvestmoon ataupun kamu termasuk gamer yang baru ingin mencoba game harvestmoon, silahkan kamu coba game ini.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Review Harvest Moon Seed Of Memories Android : Bukan Game Yang kamu Harapkan"

  1. Wah keren banget reviewnya, kaya professional :D Awalnya penasaran, tapi kayanya jadi ga tertarik lagi ama ni harvest moon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh kunjungannya bro, sebenarnya saya juga sempat kepincut nih. Tapi waktu dicoba, mendingan balik lagi maenin Harvestmoon BTN lawas :v

      Hapus