Review Hardware Xbox One Controller : Gamepad Lintas Platform Premium Microsoft


Smartphone bukan hanya sekedar menjadi alat komunikasi semata. Untuk gamer yang mencari Alternatif lain selain Hardware gaming Portable Playstation dan Nintendo, Android dan iOS menjadi Platform pilihan utama saat ini. Namun, banyaknya gamer yang mengeluh tentang kenyamanan interaksi kontrol menggunakan Touchscreen membuat banyak gamer yang mencari gamepad Eksternal sebagai solusi. Jika kamu menggunakan Android, kamu bisa memilih salah satu kontroller paling populer saat ini "Xbox One Controller" Sebagai pendamping Smartphone kamu. Seperti apa impresi yang diberikan Controller ini?

Desain
Dari sisi desain, Xbox One Controller terlihat sangat kompak dan kokoh. Materialnya seperti terbuat dari plastik namun sangat lembut dan gripnya sangat baik sehingga kontroller ini tidak mudah tergelincir dari tangan. Jika kamu sebelumnya pernah memegang kontroller Xbox 360, maka layoutnya tidak jauh berbeda. Hanya saja beberapa posisi tombol diubah seperti tombol menu dan change view yang sebelumnya mengapit lambang Xbox dipindahkan di bawahnya. Selain itu, bentuk Analog dan D-padnya mengadopsi bentuk baru yang lebih futuristik dibandingkan serial sebelumnya. Tombol dengan logo Xbox Ber LED putih di bagian atas dan warna hitam pekat sebagai warna dominannya membuat tampilan dari joystick ini semakin manis.
Tampak Depan Layout Xbox One Controller

Di bagian atasnya, kamu akan menemukan tulisan Xbox beserta lambangnya beserta sebuah port charger. Dan di bagian bawahnya terdapat jack 3.5mm untuk headset dan slot expansion port untuk menghubungkan kontroler ini ke peripheral tambahan lainnya.
Tampak Bawah Xbox One Controller

Tidak seperti pendahulunya, Xbox One Controller tidak lagi memiliki jendul kotak baterai segi empat di belakangnya. Saya sangat suka desain baru ini karena terkadang saya agak kurang nyaman dengan jendul di belakang Xbox 360 controller. Mungkin karena saya sudah terbiasa dengan Dualshock yang belakangya tidak memiliki jendul seperti itu. Poin plus buat Xbox One Controller.
Tampak Belakang Xbox One Controller
Tampak Atas Xbox One Controller
Rupa Samping Kiri Xbox One Controller
Rupa Samping Kanan Xbox One Controller

Impresi dan Gameplay Tes
Karena Game Android rata - rata tidak memerlukan presisi handling gameplay yang tinggi, maka saya menguji gamepad ini dengan game PC Fifa Online 3. Seperti yang kita ketahui, game ini membutuhkan presisi controller yang tinggi dan handling yang baik agar pemain dapat bergerak seperti yang kita inginkan.

Secara umum Gamepad ini sangat nyaman digunakan. Seperti yang saya katakan tadi, Gripnya yang kokoh membuat pegangan tangan saya sangat mantap. Apalagi Controller ini distribusi beratnya sangat pas sehingga saat digunakan kontroller ini menciptakan feeling dan sensasi yang unik serta nyaman. Game Sepak Bola biasanya membutuhkan pace dan pergerakan jari yang terus menerus sehingga kadang - kadang pegangan terhadap stik menjadi berubah - ubah. Nyatanya, saya tidak menemukan gejala perubahan grip yang berarti saat menggunakan kontroller ini. Uniknya, saat keringat mulai membahasi tangan gamepad ini masih bisa menghadirkan grip yang sangat baik. Patut di aparesiasi.
Gripnya Sangat Nyaman Dan Tidak Mudah Slip

Selain Grip bodynya, Grip analognya juga sangat nyaman dan selama saya mengujinya tidak terlihat gejala tejadinya slip saat pace game berjalan dengan cepat. Analognya juga sangat responsif dan saya langsung mendapatkan feeling yang pas dengan analognya. Tombol lainnya juga sangat nyaman saat ditekan, Cita rasa kenyamanan khas kontroller Xbox lawas masih terasa di controller ini. yang saya sukai, tombol RB dan LB nya jika di tekan terasa sangat clicky sebagai feedbacknya. Satu hal yang menjadi poin minus yaitu penempatan D-padnya yang cukup menyiksa untuk ukuran jempol saya yang pendek. D-padnya terasa sangat jauh dan sulit dijangkau. Jika kamu memiliki jempol yang agak panjang hal ini tidak akan menjadi masalah.

Koneksi ke Android
Jika tidak bisa di gunakan di device Android, saya tidak akan membuat Review Xbox One Controller disini. Mungkin ada sebagian dari kamu yang sudah memiliki kontroller ini namun tidak memiliki kontroller lain yang bisa kamu pakai untuk portable gaming di Android kamu. Santai saja, karena kontroller ini dapat kamu koneksikan ke Android kamu dengan apilkasi tambahan bernama USB/BT JoystickCenter. Kamu bisa mendapatkan aplikasnya di Google Play. Tapi, jika kamu tidak bisa menemukannya maka silahkan kamu download disini Untuk menghubungkannya, kamu perlu kabel charger Xbox One dan sebuah USB OTG. Perlu kamu catat, Untuk menggunakan USB/BT JoystickController Smartphone kamu harus di root terlebih dahulu. Untuk Tutorial lengkapnya silahkan kamu cek Videonya di bawah :



Harga
Harga untuk satu unit Xbox One Controller berkisar antara RP 1.000.000 - 1.100.000 Cukup mahal memang, namun dengan segudang fitur dan kenyamanan yang diberikannya saya rasa harganya cukup setimpal. 

Dalam Paket penjualannya, kamu akan mendapatkan satu buah kabel charger, Satu buah Joystick, Dua baterai AA, dan Satu unit USB Wireless Adapter agar kamu dapat menggunakan kontroller ini di PC. Terdapat juga versi lebih murahnya yang tidak menyediakan Adapter Wireless. Jika kamu berminat, saya lebih merekomendasikan kamu membeli edisi paket komplit dengan Adapter karena akan lebih murah daripada kamu membelinya secara terpisah.


Bagian Belakang Kotak Xbox One Controller
Kesimpulan
Dilihat dari harganya, controller ini sudah termasuk ke kategori Premium. Namun, bukan harganya saja yang premium, kamu akan mendapatkan satu set kontroller mewah yang bisa kamu gunakan di PC, Android, ataupun Xbox One jika kamu memilikinya. Tapi, jika kamu hanya sekedar mencari kontroller android, maka lebih baik kamu cari kontroller tradisional seperti Ipega yang sudah saya review sebelumnya atau Gamepad Moga yang sudah memiliki nama di jagat gaming mobile. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Hardware Xbox One Controller : Gamepad Lintas Platform Premium Microsoft"

Posting Komentar