Gundam Breaker 3 PS Vita Review : Game Gunpla Dengan Segudang Kustomisasi


Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan saya saat mendengar berita Gundam Breaker 3 akan dilokalisasi ke Bahasa Inggris beberapa bulan silam. Mungkin kamu juga termasuk gamer yang antusias saat mendengar kabar tersebut. Beberapa bulan berlalu dan sekarang Gundam Breaker 3 versi Playstation Vita sudah sampai dengan selamat ditangan saya. Serial ke 3 dari Gundam Breaker ini merupakan game Gundam Breaker pertama yang saya cicipi. Maklum saja, 2 seri sebelumnya hanya tersedia versi bahasa jepangnya saja, sehingga saya kurang tertarik untuk meminangnya. Bagi kamu yang berencana membeli game ini dan kamu belum pernah mencicipi serial sebelumnya, ulasan ini akan sedikit membantu.

Grafis
Jika kamu merupakan pengamat grafis game yang kritis, kamu akan menemukan beberapa poin plus dan minus di dalam grafis yang ada pada Gundam Breaker 3. Hal minusnya yaitu, grafis secara keseluruhan terlihat seperti versi PS4 yang di downscale. Kamu akan menemukan banyak secara garis - garis jaggies di sana sini. Namun mengingat pace gameplaynya yang cepat, hal ini tidak akan terlalu terlihat. Yang paling tidak saya sukai dari grafis game ini di beberapa sisinya grafis terkadang terlihat seperti ngeblur/kurang tajam terutama di simulation hangar. Memang hanya terjadi di beberapa daerah /tempat saja, namun seharusnya pihak bandai bisa memperbaiki hal ini. Poin plus dari grafisnya, tersedianya beberapa efek seperti pencahayaan objek yang baik, rendering bayangan yang lumayan bagus dan juga efek-efek lain yang mempercatik presentasinya. Mengenai framerater in-game akan saya bahas di bagian gameplay.
Grafis Gundam Breaker 3
Gameplay
Selamatkan shopping disrict
Tema cerita yang diangkat di Gundam Breaker 3 mirip seperti serial Gundam Build Fighters. Kamu nantinya akan membentuk tim dengan formasi 3 orang dan bertarung di kejuaraan Gunpla Battle.

Singkatnya, kamu nanti akan bertemu dengan perempuan bernama Misa yang melihat baka t kamu saat mencoba mesin Simulasi Gunpla di arcade. Misa yang terkesima dengan kemampuan kamu mengajak kamu membentuk tim untuk mengikuti kejuaraan Gunpla Battle. Ia ingin memenangkan turnamen tersebut agar shopping district tempat toko gunpla milik ayahnya ramai kembali seperti beberapa tahun silam. Dari sini, mulailah perjalanan kamu menuju Top 1 Gunpla Fighters.
Misa akan menjadi karakter yang mendampingi kamu selama permainan

Hack Slash dan misi yang bervariasi
Jika kamu sebelumnya belum pernah memainkan serial Gundam Breaker sama sekali, kamu akan sedikit bingung dengan gameplaynya. Gameplaynya berada di tengah - tengah Gundam VS series dan Dynasty warriors Gundam. Kontrol dan gameplay ala Hack and Slashnya sekilas terlihat seperti sebuah game musou. Namun game ini tidak terlalu bisa disebut game musou karena Ai yang ada jumlahnya hanya berkisar 40an lebih di setiap stagenya. Selain itu, game ini juga mengusung unsur gameplay mission yang variatif seperti menghancurkan item di base lawan atau item tertentu. Namun semuanya bersifat linear dan dilakukan step by step maka dari itu game ini sendiri tidak bisa disebut sebuah game musou. Apalagi di dalamnya terkadang ada mission yang mengharuskan kamu bertempur 3 on 3 melawan musuh. Karena itulah saya menyebut game ini berada di antara kedua game tersebut karena memiliki paling tidak setengah dari cita rasa keduanya.
Serang musuh di depan mata

Framerate Drop yang Parah dan FPS yang rendah
Jika di suruh memilih hal apa yang paling saya benci dari game ini yakni Frameratenya yang tidak stabil. Untuk game dengan Pace cepat seperti ini paling tidak kamu membutuhkan FPS minimal 26-30 secara konstan agar gameplay dapat berjalan maksimal. Namun pada Gundam Breaker 3 yang terjadi malah kebalikannya. Framerate Drop sering kali terjadi di saat gameplay berlangsung dan hal ini sering membuat saya kesal. Siapa yang tidak kesal jika kamu sedang dikepung oleh beberapa musuh dan kamu tidak bisa menghindar karena framerate drop tiba-tiba sehingga terjadi input lag yang stagnan. Bukan hanya Framerate yang tiba- tiba drop, penderitaan kamu akan bertambah dengan rendahnya FPS yang stabil saat objek yang dirender oleh Vita sedang banyak-banyaknya. Contohnya ya seperti kepungan musuh seperti yang sudah saya sebutkan tadi plus efek beamnya. Yang menjadi pertanyaan saya, setiap kali game yang sama dirilis di PS Vita dan PS4 versi PS vita seperti kurang dioptimasi dan dibiarkan seadanya. Kesannya yang penting jalan dan playable saja sudah cukup. Padahal, jika game ini di Optimasi dengan kemampuan yang dimiliki PS Vita, saya tidak ragu memilih game ini sebaik game handheld terbaik bulan April 2016. Walaupun frameratenya parah, game ini masih terhitung playable. Namun jika mata kamu peka terhadap FPS yang dihasilkannya, cukup hindari saja game ini.
Keadaan ramai, Drop framerate terjadi

Kombinasi Part Yang Beragam
Di dalam game ini, kamu bisa menciptakan gunpla orisinal kamu sendiri dengan bahan lebih dari 999 part yang bisa kamu kombinasikan. Part-part tersebut terdiri dari puluhan gunpla yang tersedia di pasaran secara real. Kamu juga akan menemukan pengelompokkan jenis gunpla disini seperti HG, MG dan PG. Namun, hanya part HG yang bisa kamu gunakan pada awalnya dan PG hanya bisa dipakai oleh Ai Kalau kamu punya hobby di Plamo Gundam, sudah pasti hal itu akan jadi surga buat kamu. Tidak hanya itu, masing - masing part memiliki atribut rare dan level. Semakin tinggi level part maka semakin tinggi pula spesifikasi tersebut begitu juga dengan atribut rarenya. Yang asyiknya lagi setiap part memiliki skill khusus tertentu yang hanya bisa diaktifkan bila part tersebut dipasang. Contohnya jika kamu memasang Backpack Strike Freedom, maka kamu bisa menggunakan Dragoon system dan juga skilll Full burstnya sekalian. Dengan banyaknya kombinasi skill maupun part yang ada, kamu bisa mengimplementasikan imajinasimu ke dalamnya dan ciptakan Gunpla terkuatmu sendiri.
Kamu bisa menyetup part gundam sesuai selera
Skill Full Burst khusus Backpack Strike Freedom

Kurang puas? tunggu dulu, kamu juga bisa mengecat semua part - part yang ada secara mendetail. System catnya juga sangat kompleks dan bervariasi sehingga kamu bisa dengan bebas menuangkan imajinasi kamu. Saya saja bisa menghabiskan waktu yang lumayan lama hanya untuk menentukan warna yang saya inginkan.

Multiplayer, Arena, dan IAP kecil-kecilan
Kalau kamu ingin grinding atau hanya ingin sekedar mencoba skill piloting kamu, kamu bisa memanfaatkan fitur Multiplayernya. Kamu bisa menjalankan mission bersama dengan player lain di seluruh dunia. Saya juga kurang mengetahui apakah game ini memiliki system PVP atau tidak karena saya hanya sebetar mencicipi fitur Online Multiplayernya. Yang saya sesalkan dari fitur Multiplayernya yaitu seringnya terjadi lag yang cukup berat dan kadang - kadang lag mengakibatkane lag input walaupun tidak terlalu parah. Mari berharap Bandai Namco memperhatikan hal ini di Update terbarunya nanti.
Lobby Multiplayer
Walaupun saya kurang tahu game ini menyediakan fitur PVP atau tidak, ada satu fitu yang cukup menarik perhatian saya yaitu fitur Bounty yang terdapat di Arena. Fitur ini membuat kamu bisa melawan Plamo/Gunpla buatan pemain lain walaupun hanya datanya saja yang diambil. Lewat System Bounty ini, kamu bisa menghunt part - part spesifik yang kamu inginkan. Caranya hanya tinggal pilih lawan yang menggunakan part yang kamu mau. Setiap Player diberikan Nilai Bounty yang berbeda. Saya sendiri kurang paham dengan system penilaian bountynya jadi saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut.

Fitur yang biasa kita temukan di game android gratis berkedok juga terdapat disini. Yup, apalagi kalau bukan Fitur IAP. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena IAP dalam game ini hanya bersifat Opsional karena ia hanya membantu menaikkan drop rate rare item saat kamu grinding saja.

Harga
Kamu bisa menebus Gundam Breaker 3 Versi Plasytation Vita dengan harga Rp.550.000 untuk versi retail Region 3 nya. Jika kamu membeli versi day one releasenya, kamu akan 
menemukan DLC bonus berupa Gundam Barbatos 4th Form.
Shop dalam Gundam Breaker 3
Kesimpulan
Sebeanrnya, Konsep dari game ini sangat baik. Kombinasi antara pertarungan Gundam dan Integrasi Plastik Model Gundam di dalamnya membuat game ini terlihat sangat menarik. Namun, beberapa masalah teknis yang dimilikinya seperti Framerate yang rendah dan sering drop menjadi kendala tersendiri yang mengulangi feeling gameplaynya. Overall game ini masih saya rekomendasikan apalagi jika kamu mempunyai hobi merakit Plamo.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gundam Breaker 3 PS Vita Review : Game Gunpla Dengan Segudang Kustomisasi"

Posting Komentar