Labyrinth No Kanata 3DS : Kompleks, Unik, Simpel, dan Menarik

Awalnya saya cukup heran dengan animo gamer barat yang dengan sukarela mencoba membuat fan translate dari Game Labyrinth No Kanata. Apa sebenarnya hal menarik dari game ini? Toh game ini hanya mengusung genre First Person Classic Dungeon Crawler yang termasuk genre yang kurang terlalu populer. Saya sendiri cenderung menghindari genre game seperti ini. Satu - satunya game dengan genre sejenis yang pernah saya mainkan hanya Persona Q dan itu saja hanya karena embel - embel persona di judulnya. Namun setelah saya mencobanya sendiri, anggapan saya tentang game ini ternyata salah besar. Dengan beberapa jam waktu gameplay saja saya langsung jatuh cinta dengan game ini. Penasaran apa yang membuat saya begitu tertarik? Simak Ulasan berikut ini

Konsep Yang Menarik
Labyrinth No Kanata mengusung cerita yang tidak terlalu berat. Cerita bermula saat kamu  dan anggota party kamu yang sedang bermain game online tiba - tiba terhubung ke sebuah dunia paralel. Di dunia tersebut, kamu akan bertemu dengan seorang perempuan tak dikenal. Perempuan itu terjebak di dalam sebuah labyrinth penuh monster dan kabarnya, belum ada seorang pun yang bisa keluar dari Labyrinth tersebut. Singkatnya, kamu harus membantu perempuan tersebut keluar dari labyrinth itu.

Saat pertama kali kamu mulai kamu pasti akan terkejut karena kamu akan disuguhkan grafis 16 bit ala game Snes jadul. Kalau kamu yang merupakan gamer yang nerd terhadap grafis pasti kamu akan langsung membuang game ini dan menganggap screenshot yang beredar hanya omong kosong belaka. Ada pepatah yang mengatakan kesabaran adalah kunci menuju kenikmatan, jika kamu cukup sabar dan bisa bertahan dengan grafis 16 bit itu maka selamat, kamu berhasil melewati intro dari game Labyrinth No Kanata. Yap, game dungeon crawler bergrafis 8 bit itu hanya intro + tutorial saja. Jujur saya juga terkejut pertama kali. Dimana perempuan cantik jelita yang saya lihat di trailernya? Omong kosongkah? Penipuan? Tidak mungkinkan game developer sebesar konami melakukan suatu penipuan? Mari kesampingkan fakta masalah Konami dan Hideo Kojima yang sempat hot baru - baru ini.
Bisakah kamu bertahan

Selepas grafis 16 bit tersebut, kamu akan langsung ditarik ke dunia Labyrinth No Kanata yang asli. Aktifkan efek 3D 3DS dan kamu pasti akan langsung terkesima dengan tampilan yang disuguhkannya. Game ini memang mempunyai grafis di atas rata - rata game 3DS kala itu. Bahkan dibandingkan dengan game 3DS yang keluar sekarang pun saya rasa Labyrinth No Kanata bisa disejajarkan dengan mereka. 

Apa tadi saya sempat menyinggung Perempuan? Perempuan imut yang jujur saja menjadi salah satu faktor yang menyebabkan saya tertarik mencoba game ini. Saat ia muncul waw saya langsung terkesima. Perempuan tersebut serasa hidup dengan gesture dan framerate yang mulus. Berbahagialah karena selama kamu terikat dengan game ini kamu akan terus ditemani oleh perempuan ini.
Perempuan Imut ini akan menemani kamu sepanjang permainan

Mekanisme Sederhana Yang Kompleks
Mekanisme yang ditawarkan oleh Labyrinth No Kanata sebenarnya cukup sederhana dan tidak seribet game RPG kebanyakan. Hanya ada beberapa mekanisme sederhana yang harus kamu kuasai. Yang paling utama yaitu sistem Elemen dan Charge & Turns.

Soal elemen, hanya ada 3 elemen utama yang harus kamu hapalkan yaitu Roxis (Merah), Cesorium (Hijau), Dan Paperia (Biru). Ketiganya membentuk sebuah piramida kekuatan sehingga kamu dapat dengan mudah menguasai teknisnya. Jika masih kesulitan, kamu bisa menghapalkan simbol - simbol tiap elemen. Setiap elemen disimbolkan dengan janken batu, gunting dan kertas. Dan asyiknya lagi sistem dominasinya sama seperti saat kamu melakukan janken. Batu > Gunting > Kertas > Batu.

Charge & Turns merupakan sebuah mekanisme yang berintikan pada kuat atau tidaknya serangan yang kamu lancarakan. Semakin kuat serangan, maka akan semakin lama pula waktu yang kamu butuhkan untuk dapat kembali menyerang
Sistem battle Labyrinth No Kanata

Memang mekanisme yang di usungnya sangat sederhana. Tapi, disitulah hal menarik yang terdapat di dalam game ini. Konami dengan sangat cerdik mampu meracik mekanisme sederhana tersebut menjadi sesuatu yang kompleks. Contohnya pada sistem elemen, tadi saya sudah mengenalkan ke kamu dengan mekanisme elemen yang membentuk sebuah piramida kekuatan. Sebenarnya, piramida tersebut tidak hanya berfungsi sebagai sebuah dominasi antar elemen saja. Piramida tersebut juga dijadikan panduan untuk mengheal karakter kamu. Sistem ini dinamakan sistem Damage Stockpile. Sederhananya begini, jika elemen yang lebih kuat menyerang elemen yang lebih lemah, maka energi monster tersebut tidak langsung hilang. Energi tersebut akan dijadikan stocked energy yang siap untuk diserap elemen yang jenisnya sama seperti elemen yang diserang tadi. Stocked Energy nantinya akan diserap oleh unit mana yang menyerang lebih dulu dan energy tersebut akan menjadi milik unti tersebut. Hal ini berlaku untuk kedua kubu, baik untuk kamu dan juga monster yang ada. Kamu perlu perencanaan yang matang agar kamu bisa mengalahkan monster yang bermunculan. Jika kamu hanya menyerang membabi buta tanpa melihat kondisi terlebih dahulu.

Ingat Perempuan yang tadi sempat kita bicarakan? Ia bukan hanya sebatas pemanis belaka, memang sih ia cukup manis. Tapi jangan salah, ia bukan hanya sekedar hiasan semata. Memang awalnya ia tidak berguna. Tengoklah setelah beberapa saat, kamu akan merasakan pentingnya peran perempuan itu. ia juga memiliki andil besar di dalam pertarungan. Penasaran? lebih baik kamu coba sendiri saja nanti sendiri. Yang pasti ia mempunyai daya ledak yang tidak bisa kamu abaikan.

Eksplorasi Yang Mendebarkan
Satu hal yang menjadi daya tarik utama dari Labyrinth No Kanata yakni Nilai eksplorasinya. Kamu tidak akan dipaksa mengeksplorasi setiap sudut labyrinth untuk menemukan jalan keluar dari sana. Di samping itu, sangat rugi jika kamu tidak menelusuri setiap sudutnya karena kamu bisa saja menemukan item - item yang akan membantu kamu selama eksplorasi berlangsung. Perlu kamu ingat, item - item di dalam game ini sangat terbatas. Yup, item - item tersebut hanya bisa kamu dapatkan di setiap sudut labyrinth atau dari drop monster walaupun presentasinya sangat kecil.
Jelajahi setiap sudut labyrinth

Faktor kejutan juga menjadi salah satu hal menarik yang akan kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk bermain Labyrinth No Kanata. Tak jarang daerah yang kamu anggap aman menjadi daerah yang berbahaya. Monster bisa tiba - tiba muncul dari sudut manapun, Hal inilah yang membuat kamu harus selalu siap siaga dan harus berpikir beberapa langkah kedepan agar tidak stuck nantinya. Selain itu, tak jarang di sudut - sudut labyrinth terdapat pintu rahasia yang akan menuntun kamu ke tempat loot item berada. Jadi, jangan terlalu terburu - buru untuk pindah lokasi karena mungkin kamu akan melewatkan item - item berharga,

Kesimpulan
Unik dan mempunyai ciri khas. Dua kata tersebut sudah cukup menggambarkan semua poin plus yang dimiliki Labyrinth No Kanata. Ia mampu menjadi sebuah game dengan gameplay pasaran yang memiliki ciri khas tersendiri. Mekanismenya yang unik dan simple membuat siapapun bisa dengn mudah menguasai sistemnya. Namun sayangnya game ini hanya tersedia secara resmi hanya untuk gamer di Jepang saja. Untungnya ada beberapa orang dermawan di luar sana yang dengan suka rela mentranslate game ini. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di beberapa website penyedia rom 3DS. Tapi ingat, kalau ada rezeki lebih alangkah baiknya kamu membeli game berbahasa jepangnya lebih dulu sebelum mendownload rom bahasa inggrisnya. Hitung - hitung untuk menunjukan rasa support kamu ke konami yang akhir - akhir ini sedang karam. 




*Image dari google.com karena tidak memungkinkannya mengambil Screenshot secara langsung dari 3DS.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Labyrinth No Kanata 3DS : Kompleks, Unik, Simpel, dan Menarik"