Feature : Beberapa Sisi Gelap Game



Bermain game memang menyenangkan. Mulai dari anak kecil sampai kakek - kakek pun semua akan mengiyakan statement itu karena bermain game memang menyenangkan. Selain dapat mengurangi stress dan melepas penat, bermain game juga berguna untuk sedikit demi sedikit mengasah otak kita. Tetapi, dibalik semua manfaatnya game juga mempunyai beberapa sisi gelap yang akan mncul jika kita tidak bisa mengontrol diri. Berikut beberapa sisi gelap game dan efek negatifnya :


  1. Game Itu Adiktif                                                                                                                           Game dapat menjadi sesuatu yang adiktif jika kamu membiarkan dirimu dikontrol oleh game itu sendiri. Pernah dengar cerita orang - orang yang mati mengenaskan di warnet? atau anak - anak kecil yang mencuri hanya untuk membayar tagihan warnet/Rental PS?. Ya hal - hal tersebut sudah lumrah kita dengar. Hal ini sebenarnya terjadi karena mereka tidak bisa mengontrol kebiasaan mereka dalam bermain game. Maka dari itu, jadilah gamers yang wajar - wajar saja. Jangan sampai kamu membiarkan dirimu dikontrol oleh gemerlapnya dunia fantasi yang disodorkan oleh dunia game.                                                                                                   
  2. Game Itu Dapat Membuang Momen Berharga                                                           Mungkin kamu menganggap menamatkan suatu game yang sulit sebagai salah satu momen berharga dalam hidupmu. Begitu juga saat kamu mendapatkan equip atau item - item langkah saat melakukan penjelajahan di dungeon selama berjam - jam lamanya. Saya juga sebanya seperti itu. Tetapi saya melakukannya disaat saya benar - benar memiliki waktu luang dan pekerjaan saya yang lainnya sudah dikerjakan. Dapatkah kamu membayangkan saat kamu sedang melakukan penaklukan pada salah satu game yang kamu gemari, teman - temanmu sedang giat -giatnya belajar untuk tes masuk perguruan tinggi ataupun belajar untuk persiapan ujian nasional. Kamu yang hanya bisa berharap dengan berkah ilahi (jika ada) saat ujian dan melanjutkan bermain game terebut tanpa memikirkan hal - hal tersebut pasti akan kelimpungan. Disaat mereka mendapatkan hasil yang memuaskan, saya yakin jika kamu bertingkah laku seperti yang saya sebutkan pasti nantinya kamu akan menyesal dan momen kelulusan atau lembar baru hidupmu akan sedikit ternodai. Maka dari itu, buatlah skala prioritas. Dahulukan yang mana hal yang perlu di dahulukan. Jika kamu telah mengetahui skala prioritasmu dan semuanya telah terselesaikan, Mengapa tidak kamu sedikit berlama - lama menghabiskan waktu memainkan game kesayangan kamu?                                                            
  3. Game Dapat Menyebabkan Kanker*                                                                                          Kanker yang saya maksudkan disini bukan penyakit dalam tubuh yang dapat mengambil hidupmu seketika. Tapi, Kanker yang saya maksudkan yaitu "Kantong Kering". Jika kamu sudah tersedot dalam lingkaran kebahagian ini, kamu akan seperti anak - anak gaul yang lapar mata jika melihat baju ataupun sepatu model terbaru yang baru dilempar kepasaran. Jadi, jika kamu tidak bisa mengontorl "Lapar Matamu" maka sudah dapat dipastikan kantong kamu bakalan cekak dalam waktu singkat. Lihatlah harga game - game terbaru yang berkisar antara 400 ribu - 800 ribu rupiah. Jika kamu kalah melawan nafsu, ya selamat tinggal hidup berkecukupan bergelimang harta kecuali kamu anak pengusaha kaya raya, pejabat, ataupun anak king oil.                                                                                                                                                                                                            
                                                                                   
  4. Game Dapat Menyebabkan Stress                                                                                              Ada yang menyebutkan game dapat menghilangkan stress. Pendapat tersebut memang benar adanya. Tapi layaknya suatu obat yang kelebihan dosis, game dapat membuat kamu menjadi lebih stress lagi. Aturlah waktumu dengan sebaik mungkin. Jika lelah istirahatlah. Jangan paksakan tubuhmu untuk terlalu lama berjibaku menatap layar. Apalagi jika game yang kamu mainkan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan kamu sedang stuck di tengah - tengah permainan. Niscaya, kamu akan pusing tujuh keliling jika kamu tetap melanjutkannya. Tubuh juga perlu energi walau hanya sekedar untuk bermain game. Ingat, kamu bukan robot yang bisa dipaksa beraktifitas terus menerus. Dan satu tips lagi, pilihlah jenis game yang kamu mainkan sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Jika kamu sedang kelelahan dan perlu sesuatu untuk menyegarkan pikiran, maka alangkah baiknya kamu bermain game - game casual yang pastinya tidak akan membuat kamu kelimpungan memainkannya.                                                                                                                        
                                                                                     
  5. Game Dapat Membuat Dosa Kamu Lebih Banyak                                                        Apakah kamu termasuk gamer dengan sumber daya unlimited, menengah, atau gamer yang berkantong cekak? Nah, untuk kamu yang termasuk golongan dengan sumber daya unlimited dan menengah, sudah pasti membeli satu atau dua game terkenal setiap bulannya bukan masalah serius walaupun yang termasuk golongan menengah akan lebih berdarah - darah tentunya. Bagaimana untuk yang termasuk golongan gamer berkantong cekak? pasti game - game beraliran pak tanilah yang diincar. Saya yakin, game - game pak tani (bajakan) tersebut pasti dibeli dari penjual game bajakan juga. Terus bayangkan kamu meminjamkan game bajakan tersebut kepada teman kamu, sudah berasa dosa yang kamu buat? bermain game bajakan sama saja dengan pencurian hak intelektual. Memangnya kamu mau jika seseorang tak dikenal tiba - tiba datang kerumah kamu numpang makan terus pergi tanpa rasa bersalah? Tidak kan?. Maka dari itu, lebih baik sesuaikan game yang kamu mainkan dengan budget yang ada. Jangan memaksa membuat PC dengan spesifikasi dewa jika kamu tidak mempunyai uang sisa untuk membeli gamenya. Lebih baik kamu beli 1 unit konsol dan game - game seken yang harganya lumayan murah dipasaran. Dan jika kamu memang tidak punya uang, carilah game -game gratis di APP Store pada smartphone kamu. Cukup mudah bukan?

Sebenarnya masih banyak lagi sisi negatif yang disebabkan oleh kelebihan bermain game. Game dapat menjadi sesuatu yang baik dan menyenangkan jika kita dapat memposisikan game sebagai media yang tidak lebih dari sekedar hobi. Kecuali jika kamu memang mengejar passion di dunia game, maka lihatlah itu sebagai profesi. Game bukan hanya menuntut kamu bermain permainan dalam dunia fantasi yang disediakan. Selalu berpikirlah bahwa game juga menuntut kamu untuk mengatur siklus hidupmu yang lain agar kamu dapat menikmati hiburan yang satu ini dengan aman, nyaman, dan tentram. 

Jadilah gamers yang baik, berpendidikan, dan berkompeten. Jangan biarkan kita dikuasai oleh game. Tunjukkan Siapa Penguasa Sebenarnya!!. Happy Gaming!!.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Feature : Beberapa Sisi Gelap Game"

  1. benar banget tuh gan, thanks sudah share. jadi tau nih

    BalasHapus
  2. benar banget tuh gan, thanks sudah share. jadi tau nih

    BalasHapus