Review Chaos Ring 3 : JRPG Mobile Kualitas Konsol


Android merupakan salah satu platform yang sedang digandrungi oleh para develepor. Tidak hanya developer - developer game indie, developer game raksasa yang sudah malang melintang dan terkenal reputasinya put ikut tergiur bermain di platform ini. Konami, gameloft, EA, dan Square Enix merupakan  sebagian dari nama besar itu. Untuk nama terakhir, Square Enix mempunyai Franchise JRPG yang cukup populer. Chaos ring, salah satu JRPG berkualitas di platform android. Saat ini telah memasuk seri ke 4 nya Chaos Ring III prequel trilogy.

Chaos Ring III di rilis di jepang tahun 2014 yang lalu untuk Android, ios , dan PS Vita. Tahun ini Square Enix melokalisasikan game ini  ke wilayah luar Jepang untuk platform Android dan ios saja. Sementara versi PS Vitanya tidak mendapatkan lokalisasi sama sekali.

Game ini bercerita tentang seorang anak bernama Nazca yang ingin melanjutkan impian ayahnya untuk menemukan Paradise. Nazca tinggal di sebuah koloni luar angkasa bersama adiknya patty dan bibinya dorothy. Nazca sangat ingin pergi ke sebuah planet bernama marble blue. Planet dimana tempat penjelajah (explorer) pergi bertualang menemukan harta karun. Setelah mengalami berbagai hal, Nazca memutuskan untuk pergi kesana. Di Planet itu ia bertemu dengan Daisuke dan leary, remaja yang seumuran dengannya. Walaupun tujuan mereka berbeda, mereka memutuskan untuk bertualang bersama. Dari sinilah semuanya dimulai.


Gameplay
Chaos Ring III merupakan game JRPG berbasis Turn Based RPG. Sistem pertarungannya pun tidak jauh beda dengan seri-seri sebelumnya. Hanya saja pada Chaos Ring III terdapat beberapa fitur baru. Pada seri ini kita akan disuguhkan kartu-kartu yang harus kita cari dan nanti harus kita naikkan levelnya. Kartu-kartu ini juga bisa kombinasikan dengan kartu lain agar bisa menghasilkan kartu yang lebih kuat. Bisa juga dengan penggabungan beberapa material yang nantinya akan kita ubah menjadi kartu rare. Kartu-kartu ini memegang peranan yang sangat vital. Kuat atau tidaknya character kita tergantung dari seberapa langka kartu yang kita dapatkan. Dalam game ini ada yang namanya Team Level. Team level ini akan naik setiap kamu menemukan kartu-kartu baru. Sama seperti game sebelumnya, sistem atribut juga berlaku di game ini.

Terdapat 2 mode dalam  game ini, Story Mode yang memungkinkan kita melanjutkan progres game dan Battle Mode untuk Grinding item-item langka / uang.



Sound Quality
Square Enix memang tidak pernah main-main dalam menggarap game jrpg buatannya. Sama seperti seri-seri keluaran Square Enix yang lain, Chaos Ring III memiliki kualitas backsound yang sangat nyaman didengar ditelinga. Inilah point plus dari game-game keluaran Square Enix. Character Voicenya yang berbahasa jepang terasa natural dan ekspresif sekali. Walaupun kamu tidak mengerti bahasa jepang kamu pasti akan mengerti apa yang diekspresikan oleh character tanpa membaca text inggrisnya. Game ini mempunyai soundtrack yang dinyanyikan oleh penyayi asal Jepang Nitta Emi.

Grafis
Grafis yang disuguhkan oleh Square Enix sangat memukau. Dapat dikatakan, Chaos Ring III merupakan game AAA pada platform mobile. Dengan grafik seperti ini kamu akan merasa bermain game console daripada game casual android. Kualitasnya dapat disandingkan dengan game-game untuk PS Vita. Pada menu Options kita bisa mengatur resolusi game ini jika resolusi normal dianggap terlalu berat. 



Tidak Seperti seri sebelumnya, pada seri kali ini kita disuguhkan tampilan 3D dengan full camera control 360 derajat. Kita dapat mengontrol karakter kita dengan virtual analog yang telah disediakan. Namun hal itu hanya berlaku saat kita mengeksplorasi dungeon saja. Jika kita kembali ke "sebut saja kota" maka control statis seperti game sebelumnya tetap kita rasakan. CGI yang disuguhkan juga sangat memukau dan juga ekspresi character juga terlihat lumayan realistis.



Harga
Game ini tersedia di Google Play store dengan harga Rp. 266.785 rupiah. Harganya cukup tinggi memang untuk ukuran game android. Untungnya game ini bersifat premium yang berarti kita tidak diharuskan untuk membeli IAP di dalam game. Dengan uang segitu, kita dapat menikmati semua fitur yang tersedia dalam game ini.


Kesimpulan
Tidak diragukan lagi, Chaos Ring III merupakan salah satu franchise besar dari Square Enix selain Final Fantasy. Memang harganya tergolong mahal, akan tetapi saya yakin kamu tidak akan menyesal menghabiskan uang sebanyak itu untuk game kualitas AAA di HP kamu. Bagi kamu Penggemar JRPG game ini memang dibuat untuk kamu. Happy Gaming.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Chaos Ring 3 : JRPG Mobile Kualitas Konsol"

Posting Komentar