Preview Asasin's Creed Identity Android : Sedikit di bawah Ekspetasi


Sudah terlalu lama memang Google Playstore tidak mendapatkan kucuran - kucuran game dengan nama besar. Franchise - franchise game tradisional yang dulu malang melintang di basis OS milik google ini seakan menghilang entah kemana. Terlebih lagi setelah naiknya trend game - game casual ataupun game - game freemium. Walaupun jumlahnya sampai ratusan ribu lebih, namun rasanya jumlah tersebut tidak sebanding dengan pengalaman yang ditawarkan oleh game - game franchise tradisional. Harapan tersebut akhirnya muncul kembali dengan dirilisnya Assasin's Creed Identity di platform mobile Open Source milik google tersebut. Memang game ini tidak bisa dibilang game baru karena sebelumnya ia sudah melalang buana terlebih dahulu di App Store. Terlepas dari itu semua apakah memang game ini merupakan game yang sangat ditunggu - tunggu oleh para gamer mobile yang memilih android sebagai platform utamanya? Bisakah ia menghilangkan dahaga kerinduan gamer android akan hadirnya franchise tradisional dengan pengalaman bermain setara game konsol?


Sekilas, Assasin's Creed Identity mempunyai interface menu dan navigasi yang mirip dengan game - game Freemium pada umunya. Kenapa saya katakan demikian? karena susunan menunya membuat saya ingat akan game - game freemium lain seperti Asphalt 8, Modern Combat 5, serta Real Racing 3. Interface menunya mudah sekali dipahami. Namun, untuk bernavigasi ria dengan lancar mungkin kamu akan membutuhkan sedikit waktu.

Berbicara tentang grafis, Assasins's Creed : Identity mempuyai grafis yang terlihat sangat baik. Rendering cahaya, shadow, serta partikel pendukung seperti asap dan uap akan menemani kamu sepanjang permainan. Yang paling saya sukai ialah rendering sungainya yang membuat penampilan airnya sangat realistis. Kamu juga akan menjumpai AI yang berjalan - jalan mondar - mandir. Jumlahnya juga lumayan banyak sehingga kamu akan merasa seperti berjalan - jalan dunia nyata meskipun hal ini tentunya akan memakan banyak resource Android kamu.


Dari segi gameplaynya, kamu masih akan menemukan cita rasa khas Assasin's Creed. Yup Stealth Action masih menjadi sajian utama di dalam seri mobilenya. Jika kamu pernah memainkan paling tidak 1 seri Assasin's Creed, maka kamu akan langsung familiar dengan mekanismenya.

Assasin's Creed Identity membawa konsep Semi Open World. Saat gameplay berlangsung kamu akan berada di dalam sebuah map terbatas. Kamu bisa menjelajahi lokasi di map tersebut dengan bebas selama hal yang kamu lakukan masih di dalam konteks objective yang diberikan. Kamu juga bisa memanfaatkan lingkungan di map - map tersebut untuk membantu kamu menyelesaikan misi lebih cepat.

Selain semi Open World, Assasin's Creed Identity juga bisa dikatakan mengadopsi sistem semi RPG. Kamu bisa mengcustom karakter kamu sesuka hati, mengembangkan skillnya, ataupun sekedar mengganti classnya. Ngomong - ngomong soal class, kamu bisa memilih 4 class yang disediakan pada game ini. Kelas yang bisa kamu pilih ialah : Berseker, shadowblade, trickster dan thief (terbuka dengan syarat tertentu). Class - class tersebut memiliki kelebihan tersendiri jadi pilihlah class yang sesuai dengan gaya permainan kamu
.

Hal yang cukup mengganggu menurut saya yaitu kontrolnya yang terbagi dua. Satu menggunakan Joystick virtual dan satu lagi mengadopsi fungsi tap yang berarti karakter akan bergerak ke arah manapun kamu mentap di layar. Memang mekanisme tap sangat cocok jika melihat dari sisi kemudahan dan kepraktisan kontrol saat menggunakan layar sentuh, namun kontrol tap seperti pisau bermata dua apalagi untuk game hide and stealth seperti ini. Misal, jika kamu sedang dalam misi membuntuti musuh dan tangan kamu tidak sengaja menyentuh bagian layar yang lain, misi yang diberikan bisa gagal. Sudah beberapa kali saya mengalami hal ini di Assasin's Creed Identity.

Satu lagi hal yang cukup mengganggu terkadang sinkronisasi ke server sangat lama dan terkadang bisa jadi gagal. Bayangkan jika kamu sudah menyelesaikan level yang sulit dan saat ingin mengesave kamu gagal menyinkronkan data kamu ke server padahal koneksi internet kamu lancar jaya kan jadinya berabe? dan jangan berharap lebih jika game ini bisa dimainkan secara offline. Kamu harus selalu terhubung ke server untuk memainkan game ini.


Untuk masalah IAP, memang kami menemukan adanya tanda - tanda IAP pada Assasin's Creed Identity namun karena saya belum mengeksplorasinya, jadi saya tidak bisa berbicara banyak mengenai hal ini.

Sejauh saya bermain, Assasin's Creed Identity sepertinya sedikit mempunyai potensi untuk menjadi game terbaik tahun ini. Mekanisme gameplay yang lumayan baik dan sistem semi RPGnya membuat gameplay bisa berjalan lebih lama. Namun, Apakah game ini memang game yang selama ini di tunggu gamer hardcore mobile? saya biarkan kamu yang memutuskan happy gaming!!!.











Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Preview Asasin's Creed Identity Android : Sedikit di bawah Ekspetasi"